Selasa, 26 Juni 2012

PEKANBARU DOELOE

Sejarah Kota Pekanbaru pada awalnya nama Pekanbaru dikenal dengan nama "Senapelan" yang pada saat itu dipimpin oleh seorang Kepala Suku disebut Batin. Daerah yang mulanya sebagai ladang, lambat laun menjadi perkampungan. Kemudian perkampungan Senapelan berpindah ke tempat pemukiman baru yang kemudian disebut Dusun Payung Sekaki yang terletak di tepi muara sungai Siak.

Dan akhirnya pada hari Selasa tanggal 21 Rajah 1204 H atau tanggal 23 Juni 1784 M berdasarkan musyawarah datuk-datuk empat suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar dan Kampar), negeri Senapelan diganti namanya menjadi "Pekan Baharu" selanjutnya diperingati sebagai hari lahir Kota Pekanbaru. Mulai saat itu sebutan Senapelan sudah ditinggalkan dan mulai populer sebutan "PEKAN BAHARU", yang dalam bahasa sehari-hari disebut PEKANBARU.

Galeri Foto Pekanbaru tempo doeloe :

Kantor Wali Kota dulu (Kini menjadi Senapelan Plaza)


Sungai Siak 


SMA 1 Pekanbaru dulu


Sekolah Rakyat dulu



 Jembatan Siak (Leighton)
Info : Jembatan Siak yang berada di Ibu Kota Kabupaten Siak Provinsi Riau ini membentang indah dia atas sungai Siak. “Sungai Pejantan” adalah julukan sungai ini di masa lampau. Jembatan yang didesain hingga usia lebih dari 100 tahun ini dibangun melalui sistem cable stayed, dengan konstruksi modern. 




Pasar Bawah dulu


Kantor Cabang jl. Bangkinang (1954)


Terimakasih sudah mampir, Semoga informasinya Bermanfaat .
Komentar selalu kami tunggu selalu.!







7 komentar:

Foto2nya madep tenan sob.

Nih sob url statistik blog saya.

http://chart.googleapis.com/chart?chxl=1:|1+Jun+2012|8+Jun+2012|16+Jun+2012|23+Jun+2012|Hari+ini&chxp=0,250,500|1,0,25,50,75,100&chxr=0,0,500&chxs=0,676767,11.5,0,t,676767|1,6AA9E6,12,0,l,676767&chxt=y,x&chs=640x200&cht=lc&chco=6AA9E6&chd=s:UTTUizZRRSXfdTniYnezkjiogum1kV&chls=3&chm=B,6AA9E664,0,0,0|h,E7E7E7,0,0.5,1,-1|h,AAAAAA,0,0,1,1|h,AAAAAA,0,1,1,1|V,E7E7E7,0,0,1,-1|V,E7E7E7,0,7,1,-1|V,E7E7E7,0,15,1,-1|V,E7E7E7,0,22,1,-1|V,E7E7E7,0,30,1,-1

Sekarang, (hari ini cuma 173) itu aja saya gak online sob. Apalagi online. Tapi sy skarang lagi buru2 jadi gak sempet pasang ini itu

semakin hari.. semakin elegan blog ini...

hehe
makasih atas punjian dan kunjungannya...

Terimakasih telah membawa kenangan lama masa kecil di kota kelahiranku ini 50 tahun yang lalu

Sob Riki knapa email ku di tolak ya.. apa sdh genti email... aku mau tanya SMAN 1 itu di foto th brapa Sob

Sob Riki knapa email ku di tolak ya.. apa sdh genti email... aku mau tanya SMAN 1 itu di foto th brapa Sob

Dan Tq Riki ini membuat kenangan ku thd kota pekanbaru puluhan th yg lalu seger lagi.. bahkab aku msh membayankan kota ini ketika aku tinggalkan 30 th yg lau

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More